Pages

Rabu

PENYESALAN MANUSIA - ANDAI AKU HIDUP KEMBALI

Suatu saat nanti ada Manusia yang Di bangkitkan Allah SWT dalam kedaan buta tidak Melihat padahal ketika di dunia dia bisa normal matanya bisa melihat. maka dari itu jauh sebelum hari datangnya penyesalan ternyata Allah telah memberikan Peringatan terlebih dulu bagi manusia di dalam Al-Quran.Yang Mana alqur'an dinamakan juga peringatan, karena di dalamnya terkandung peringatan bagi manusia, peringatan itu diberikan  Allah terhadap manusia berupa kisah yang menarik, berupa perintah yang tegas, atau berupa perumpamaan yang bermakna tinggi. Peringatan-peringatan itu pada dasarnya mengajak manusia untuk menjadi orang yang taat kepada Allah agar bahagia di dunia dan akhirat.

Firman Allah SWT dalam Surat Thaaha Ayat 125:

قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا

Berkatalah ia " Ya Tuhan ku, mengapa engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dulu melihat" (QS. 20 : 125)


Allah SWT telah  memberika dua jalan dua macam jalan bagi manusia ; jalan yang benar dan jalan yang salah. Jalan yang benar adalah jalannya para nabi, para shiddiqin orang-orang yang membenarkan dan tidak meragukan Islam, para syuhada yang memilih jalan masuk surga pembela agama, dan jalan orang-orang yang shaleh. Sedangkan jalan yang salah bentuk dan macamnya sangat banyak, yaitu jalan orang-oarng yang tahu aturan dari jalan, tetapi melanggar aturan tersebut (maghdub), dan orang-orang yang tidak mau tahu aturan (sesat).

Firman Allah dalam Surat Al-Balad Ayat 7-8

أَيَحْسَبُ أَنْ لَمْ يَرَهُ أَحَدٌ

أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ

 "Bukankah kami telah memberikan keapdanya dua buah mata, satu lidah dan dua buah bibir. Dan kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan." (QS. Al-Balad).

Firman allah dalam Suroh  Thaha : 123 - 127 yang artinya :

"Jika petunjuk – Ku datang kepadamu, kemudian siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan siapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya pernghidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta, berkatalah ia, 'ya Tuhanku. Mengapa Engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta. Padalah aku dulu melihat. "Allah berfirman, ' Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannnya, dan begitu pula pada hari ini kamu pun dilupakan. Dan demikian Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya kepada ayat-ayat Tuhannya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat dan kekal" (QS Thaha : 123 - 127)

"Dan kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat diseret wajah-wajah mereka dalam keadaan buta, bisu, dan tuli. Tempat mereka adalah jahanam, setiap kali padam. Kami tambah lagi nyalanya. (QS Al-Isra : 97)

Menyakitkan sekali bagi orang yang  biasa melihat di dunia, di akhirat ia akan buta dan terjerumus dalam neraka. Hanya karena penglihatannya tidak bisa membedakan yang haq dan batil, mana yang ma'ruf dan munkar, taat dan maksiyat, serta tidak digunakan untuk memperhatikan ayat-ayat Allah.

Demikian peringatan bagi siapa saja yang buta mata dan hatinya untuk melihat kenbenaran dan kebaikan yang datangnya dari Allah subhanahu wataala di atas dunia maka baginya balasan yang setimpal di akhirat.

Maka gembiralah orang yang bisa melihat kebenaran yang datang dari Allah dihari kiamat ia di lindungi dari kesusahan dan segala macam kegalauan hari akhirat dan buntunglah mereka yang melihat ,dikatakan bagi mereka masuklah ke syurga dengan aman dan sentosa.

Semoga kita juga termasuk orang yang bisa Melihat di dunia Ini dan Di akhirat kelak .AAmiin aamiin Ya robbal 'alamiin.

kairo 16 sept 2012