Pages

Selasa

Mengenal Dengan Membaca

Dengan mengucap Alhamdulillah saya mulai hari ini dan penuh rasa syukur Sebanyak-banyakya kepada Allah ‘azza wajalla yang masih dan tetap memberikan kesempatan untuk mengingat dan bertafakkur atas semua yang ada di hadapan mata kepala, Kegiatan hari ini Insya Allah pagi ini akan mengikuti Acara workshop pelatihan maktabah syamilah di Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Mesir PMIK Cairo .

Berharap mudah-mudahan nantinya saya mendapatkan ilmu yang barokah, wawasan luas tentang tata cara dan menggunakan maktabah syamilah itu sendiri dalam penulisan, cara membaca yang benar dan tepat dan akan selalu saya gunakan dan nukil nantinya bermanfaat buat diri pribadi dan siapapun yang mengikuti nanti bedoa kepadanya agar selalu di curahkan nikmat ilmu dan keberkahan rezeki. Aamiin.

Teringat ketika di kota medan dulu karena berhubungan tentang perpustakaan dulu saya juga sempat kuliah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara awal mulanya ketika nongol ke perpustakaannya dan saya lantas tersentak dalam benak berfikir bahwa orang orang yang menjaga buku tersebut sangatlah luas pengetahuannya tentang dunia, karena waktu itu saya beralasan bahwa orang yang selalu disamping buku dia akan selalu membaca apa yang ada di hadapan nya, ya saya kira presepsi. kenapa saya katakana demikian Ya itulah hakikatnya mungkin orang yang selalu dekat dengan buku dia akan terkontaminasi dengan buku, begitu juga orang yang selalu bersahabat dengan sikutu buku secara langsung atau tidak langsung dia akan menjadi kutu buku walaupun perlahan mungkin, atau paling tidak dia akan terbiasa mendengar tentang pengetahuan si kawan tersebut.

Karena manusia itu terbiasa menurut apa yang ia bersahabat atau ia lakukan dengan teman dekatnya..itulah manusia, berteman dengan seorang penjahat dia akan menjadi penjahat, berteman dengan seorang penjual minyak wangi dia akan wangi minimal kena percikannya. begitu ungkapan yang sering kita dengar dan saya kira semua setuju dengan itu.

Dengan buku anda membuka jendela Dunia setuju atau tidak,  Ilmuan dari Arab, Eropa Amerika,Asia.Ulama,Dokter, Ekonom, Pemikir, apapun profesi mereka kita bisa melihat betapa giatnya mereka membaca dan menulis apa yang mereka teliti lanjut menulis hingga menyimpulkan pada sebuah buku melalui jurnal pribadi ataupun publik lalu mempresentasekan penelitian tersebut kepada semua.dan hal tersebut mereka lakukan tidak terlepas dari hal hal kecil yang mereka dapatkan, yaitu memulai dengan membaca mempelajari, meneliti dan menulis.

Imam Bukhori ,menyimpulkan hadis hadist yang beliau teliti meninggalkan kampung halamannya dari bukhoro hingga bertandang kenegri Arab dalam bukuya[sohiihulbukhari] .begitu halnya dengan Imam Muslim[sohiihumuslim].as-Syafii dalam bukunya [arrisaalah][alUmm] Imam malik,abu Hanifah,ahmad bin hanbal .Ibn kholduun,Ibn sina dan seterusnya.semua punya karya tulis.

Membaca, ada apa dengan kalimat membaca  membaca adalah seruan pertamakali oleh ALLAH kepada nabinya Muhammad SAW. dengan seruan Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang menciptakan .yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

Yang mengajar manusia dengan perantaran kalam,
Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.

Dialah ALLAH yang telah memberi kepada manusia pengetahuan apa yang tidak diketahuinya sebelumya .

Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dengan membaca kita akan tau,apapun itu. Kunci ILMU pengetahuan Adalah Membaca dan Menulis.namun hal tersebut tentunya sebagai seorang muslim kita berkeyakinan bahwa berapa banyak pun ilmu pengetahuan yang kita miliki,siapapun ia sebegai makhuk lemah dimuka bumi, ilmu yang diturunkan ALLAH  hanya Sedikit dihapannya.

Jadi,tidak ada alasan buat manusia untuk menyombongkan diri,congkak kepada orang lain sayalah yang paling ini ..yang paling itu…baik halnya siapapun itu masih ada langit di atas langit.

Ilmu menjadi dasar keutamaan manusia dan menjadi penentu kemuliaannya. Nabi Adam AS sebagai khalifah adalah karena ilmu. Firman ALLAH :

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." [QS al-Baqarah 30]

Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan dan menghormati orang-orang yang memiliki ilmu pengetahuan, yaitu para ilmuwan.

 Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.. [QS al-Mujadilah 11].

Shalawat dan salam saya ucapkan kepada junjungan alam nabi muhammada sallallahu ‘alaihi wasallam Allahumma sholli ‘Ala Muhammad Wa ‘ala Ali Muhammad.Dan Akhirnya Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya nanti di suatu hari,hari yang tiada berguna harta kekayaan anak-anak Hari qiyamat kelak ,aamiin aamiin ya robbal ‘aalamiin.

Dan ALLAH yang maha tinggi Dan maha MENGETAHUI.



RF
Rabu, 27/2/2013